Kenali Jenis-Jenis Keputihan Saat Hamil Ini

Hal yang kerap dialami oleh wanita adalah keputihan saat hamil. Secara umum, hal ini normal terjadi ketika seorang wanita sedang hamil. Akan tetapi, ada beberapa jenis keputihan yang harus diperhatikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor dan akan memiliki dampak yang berbeda-beda pula. Inilah beberapa jenis keputihan yang harus Anda ketahui.

5 Jenis-Jenis Keputihan Ketika Hamil


Jenis-Jenis Keputihan Saat Hamil

1. Warna putih
Jenis keputihan yang pertama adalah cairan yang berwarna putih seperti warna gading. Cairan ini memiliki tekstur tipis dan kebanyakan tidak berbau. Hal ini disebut dengan leukorea. Leukorea dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal seperti kadar estrogen yang tinggi, serviks yang menciptakan lebih banyak lendir, dan peningkatan aliran darah ke dinding vagina.

2. Menggumpal dan berwarna putih
Berikutnya, ada keputihan yang bersifat menggumpal dan berwarna putih. Leukorea biasanya tidak menggumpal dan tebal. Jika menemui kasus seperti ini, kemungkinan disebabkan karena terdapat pertumbuhan ragi. Satu dari empat wanita biasanya akan mengalami pertumbuhan ragi vagina yang berlebih. Namun, hal ini tidak berarti mempunyai infeksi jamur.

3. Warna hijau atau kuning
Jika dua jenis sebelumnya cairan masih berwarna putih, jenis selanjutnya ini adalah keputihan dengan cairan yang berwarna hijau atau kuning. Ketika muncul cairan dengan warna ini dan disertai dengan bau tidak sedap serta muncul sensasi rasa terbakar atau gatal, sebaiknya langsung menghubungi dokter spesialis kandungan.

Ada dua kemungkinan kenapa hal ini bisa terjadi. Yang pertama, hal ini bisa disebabkan karena infeksi vaginosis bakteri, yaitu pertumbuhan bakteri yang berlebih dan mengakibatkan peradangan pada vagina. Yang kedua, kasus tersebut bisa terjadi karena infeksi trikomoniasis, yaitu infeksi yang disebabkan oleh parasit. Keduanya bisa diobati menggunakan obat oral yang aman dikonsumsi.

4. Warna kecokelatan
Keputihan dengan warna kecokelatan atau merah juga termasuk gejala yang tidak normal. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bisa jadi ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini dan perlu segera mendapatkan penanganan. Ada beberapa penyebab keputihan jenis ini, namun tidak ada hubungannya dengan kasus komplikasi selama kehamilan.

5. Tekstur berair
Jenis keputihan yang terakhir adalah cairan dengan tekstur berair dan berwarna kuning muda. Warna kuning muda ini bisa jadi merupakan urin atau cairan ketuban. Ketika hamil, wanita berkemungkinan mengalami kehilangan urin secara tak sengaja atau disebut dengan inkontinensia, terutama saat rahim sedang tumbuh dan menekan kandung kemih.

Demikian beberapa jenis keputihan yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda sudah dapat mengidentifikasi apakah keputihan yang terjadi masih batas wajar atau harus mendapat penanganan dokter. Jadi, Anda bisa bersiap-siap terlebih dahulu dan menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan.

Related Posts

Kenali Jenis-Jenis Keputihan Saat Hamil Ini
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini